Kandungan, Khasiat, Cara Menggunakan Madu

madu
Kandungan, Khasiat, Cara Menggunakan Madu - Madu bukanlah suatu hal yang baru, bila bicara masalah produk perlebahan, juga bukan sekedar cairan warna kuning kecoklatan yang manis rasanya melainkan memiliki nilai gizi yang tinggi, lengkap dan seimbang. Kandungan gizinya sangat bervariasi tergantung pada asal/sumber nektarnya. Bagaimanapun juga madu merupakan cairan alami dengan nilai gizi yang tetap asal saja pengolahannya tepat dan baik.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu yang mengalami proses penyaringan, penjernihan, akan kehilangan sekitar 33-55% kandungan gizinya. Sehingga ditekankan disini bahwa madu mentah (unprocessed) yang tidak mengalami proses apapun, merupakan jenis madu yang memiliki kandungan gizi yang baik.

Madu memiliki kurang lebih 80 subtansi yang berbeda, namun penting untuk memenuhi gizi manusia. Dan hasil analisa kimia  menurut “ Institut Madu Amerika” menunjukkan kalau Madu mengandung :
  • >17,1%      Air
  • >40,5%      Fruktosa (levulosa)
  • >34,0%      Glukosa (dekstrose)
  • > 1,9%       Sukrosa
  • > 1,5%       Destrin dan gum
  • > 0,18%     Vitamineral
  • > 4,22%     Subtansi yang belum diketahui

Satu sendok madu kurang lebih mengandung 21 kalori.
Jenis gula yang terkandung di dalam madu sesuai hasil analisa kimia sudah jelas yaitu Fruktosa dan Glukosa yaitu merupakan jenis gula monosacharida yang mudah diserap di dalam usus tanpa membutuhkan proses pemecahan, bahkan di dalam penatalaksanaan medis glukosa sering langsung disuntikkan di dalam pembuluh darah, itu menandakan bahwa glukosa merupakan senyawa yang sudah sesuai dengan sistem yang ada di dalam tubuh manusia. Berbeda dengan gula pasir yang merupakan jenis gula disacharida, tidak dapat langsung diserap ke dalam darah, melainkan harus dipecah terlebih dahulu menjadi monosacharida di dalam usus halus.

Berbagai vitamineral yang ada di dalam madu, yaitu : vitamin A; Beta Caroten; vitamin B kompleks; vitamin C, D, E dan K. Dengan mineral yaitu : magnesium, sulfur, phosphor, zat besi, calcium, chlor, kalium, yodium, natrium, tembaga, dan mangan.

Selain tersebut kandungan di atas, madu mentah juga mengandung enzyme-enzym penting untuk memperlancar reaksi kimia dan berbagai metabolisme di dalam tubuh (selulair), protein, asam organik, hormon dan senyawa antimikroba berkhasiat sebagai antibiotika.

Subtansi tambahan yang belum diketahui yang terkandung di dalam madu, walaupun masih belum dapat dijelaskan secara ilmiah, namun ternyata mempunyai tingkat keamanan yang tinggi di dalam tubuh manusia.
Selain untuk memelihara kesehatan secara umum, madu juga dapat dijadikan tambahan untuk pengobatan berbagai penyakit yang terutama menyerang saluran pernafasan. Madu dengan kandungannya yaitu senyawa-senyawa gizi yang lengkap, tentunya terhadap tubuh kita mempunyai kerja yang rata dan seimbang. Memiliki sifat stimulan secara langsung yaitu, memperbaiki selera makan, membantu proses pencernaan makanan-makanan lain.

Madu dapat bekerja dan mempengaruhi langsung sistem pertahanan tubuh (imunitas tubuh), sistem pembentukan sel darah merah, sebagai penetral zat racun di dalam tubuh, dan berkhasiat sebagai antibiotika.
Madu memiliki sifat emolient, sebagai emulsi. Karena sifat dan daya kerja terhadap hampir semua sistem di dalam tubuh maka tidak mengherankan kalau madu dapat berkhasiat selain untuk memelihara kesehatan dan mencegah penyakit, juga untuk membantu proses penyembuhan berbagai kasus penyakit terutama seperti : tekanan darah tinggi, lemah jantung, anemia, gangguan saluran pencernaan, infeksi saluran pernafasan, gangguan saluran kemih, masalah sistem susunan syaraf pusat dan masalah kesehatan kulit.

Lima jenis madu terbaik di dunia : 

Madu Sidr selain madu terbaik di dunia termasuk juga madu termahal di dunia. Mengingat madu ini hanya diproduksi dua kali dalam setahun dan berasal dari pegunungan Hadramaut di Yaman dan Arab Saudi. Masa produksi ini ini telah berlangsung selama lebih dari 7.000 tahun. Madu ini berasal dari lebah pohon suci yang dinamakan Sidr.  

Madu Beech Honeydew, dua jenis kumbang dari Selandia Baru yang hanya hidup di pohon-pohon beech merah dan hitam memproduksi suatu zat kaya akan gula yang disebut honeydew. Kemudian terdapat sejenis lebah memakan zat gula tersebut dan menggunakannya untuk membuat madu yang disebut beech honeydew. Madu jenis ini warnanya sangat gelap dan kental seperti bubur. Juga memiliki lebih banyak mineral dan tidak mengkristal sebanyak madu pada umumnya. 

Madu bunga heather adalah jenis madu yang dihasilkan oleh lebah yang hanya memakan varietas bunga heather Skotlandia. Sarang lebah madu ini terlihat sangat tebal, rasanya sangat manis, dan bisa meleleh di mulut saat dimakan. Di Skotlandia kita dapat dengan mudah membeli salah satu madu terbaik di dunia ini, tapi sangat sulit bahkan hampir mustahil untuk membelinya di tempat lain. 

Madu Hymettus berasal dari gunung Hymettus dekat Athena Yunani. Madu ini sudah lebih dari 3.000 tahun yang lalu menjadi salah satu madu terbaik di dunia. Gunung Hymettus menjadi tempat tinggal lebah yang membuat madu ini yang hanya memakan satu jenis bunga yaitu sejenis bunga thyme. Sarang madu yang dihasilkan lebah sangat tipis dan memiliki bintik-bintik gelap di dalamnya. Orang Yunani terkenal sering memakannya dengan cara menuangkannya di atas yoghurt tawar sebagai makanan penutup. 

Madu Manuka bermanfaat untuk mengobati luka bakar di kulit, penyakit gangguan pencernaan dan lainnya. Madu ini berasal dari bunga semak Manuka yang terdapat di Selandia Baru. Warna madu ini gelap namun rasanya lezat dan manis. Karena manfaatnya yang luar biasa, madu Manuka menjadi salah satu madu terbaik di dunia.

Cara menggunakan madu sebagai obat luar :
  1. Luka baru atau lama/infeksi : bersihkan luka dengan air hangat, kemudian oleskan madu pada luka.
  2. Terbakar, tersiram air panas/ terkena benda panas : pergunakan seperti salep.
  3. Mengencangkan dan menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat dan flek-flek hitam : bersihkan wajah sehabis mandi lalu oleskan madu dan biarkan 30 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.
  4. Bisul : Ambil beberapa helai daun muda cabai + kapur sirih + madu secukupnya, dilumat kemudian dioleskan pada bisul.
  5. Gatal-gatal digigit serangga, lebah atau biduran : pergunakan seperti salep.

Cara menggunakan madu sebagai obat dalam :
  1. Susah buang air besar : 1 gelas air dingin + 2 sendok makan madu murni.
  2. Demam, panas dalam dan sariawan : 1 hari minum 3x, @ 1 sendok makan madu.
  3. Stres dan pikiran tegang : 1 hari minum 3x, @ 2 sendok makan madu.
  4. Bibir pecah-pecah : 1 hari minum 3x, @ 2 sendok makan madu.
  5. Kurang darah, lemas dan capek : 1 hari minum 3x, @ 2 sendok makan madu.
  6. Maag, lever dan typus : minggu pertama 1 hari minum 2x, @ 1 sendok makan madu; sesudahnya : 1 hari minum 3x, @ 2 sendok makan madu.
  7. Luka dalam, lambung dan usus 12 jari, batuk biasa dan radang tenggorokan : 1 hari minum 3x, @ 2 sendok makan madu.
  8. Batuk darah, bronchitis dan TBC : 2 hari sekali minum 1/3 gelas madu sebelum tidur.
  9. Sakit pinggang : 1 hari minum 2x, @ 3 sendok makan madu.
  10. Kedinginan : minum 1/3 gelas madu.

Lain-lain :
  1. Menyehatkan jantung, ginjal, hati, menguatkan syaraf dan tulang : 1 hari minum 3x, @ 2 sendok makan madu.
  2. Agar mata lebih terang : 1 hari minum 3x, @ 2 sendok makan madu.
  3. Menguatkan daya tahan tubuh : 1 hari minum 2x, @ 3 sendok makan madu + susu.
  4. Agar anak-anak sehat dan cerdas : 1 hari minum 2x, @ 2 sendok makan madu + susu anak-anak. Apabila mencret minumkan sedikit demi sedikit.
  5. Menjaga agar suara tetap merdu : 1 hari minum 2x, @ 2 sendok makan madu + jeruk nipis secukupnya.
  6. Menguatkan kandungan dan janin : 1 hari minum 3x, @ 2 sendok makan madu.

Catatan :
Anak di bawah usia 1 tahun sebaiknya jangan diberi minum madu.

Pada umumnya orang yang belum terbiasa minum madu, reaksi awal mencret-mencret, tetapi akan hilang dengan sendirinya.
 

Bagi orang yang sedang sakit, biasanya kelihatan bertambah sakit setelah minum madu. Ini adalah reaksi biasa, setelah itu kondisi akan bertambah baik.
 

Manfaat madu akan dapat dirasakan sesudah rutin meminumnya selama 2 pekan.

Demikian artikel mengenai kandungan, khasiat, cara menggunakan madu . Semoga bermanfaat.

Artikel yang terkait kandungan, khasiat, cara menggunakan madu : madu, kandungan madu, khasiat madu, manfaat madu, cara menggunakan madu, jenis madu terbaik
Niniek Ss Label: 09.50 0 komentar
Poskan Komentar

Back to Top