BLOG NINIEK SS

0852 2840 1939 || 0877 3259 8747

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

CARA MENGATASI KELUHAN SAKIT MAAG - BLOG NINIEKSS


CARA MENGATASI KELUHAN SAKIT MAAG - BLOG NINIEKSS 

 
 
 
 
 
Oleh : Sri Nurmi Atminarsih (NiniekSS)
 
Bismillahirrahmanirrahiim,

Sahabat Niniek SS dimanapun anda berada. 
 
Kali ini penulis ingin berbagi kepada anda tentang Cara Mengatasi Keluhan Sakit Maag. 

Bagi anda yang sedang sakit maag agar anda lebih faham terhadap keluhan yang sedang anda rasakan dan bisa mengatasinya dengan tips-tips yang akan penulis sampaikan berikut ini.

STADIUM AWAL


Pada tingkat yang paling awal atau Stadium Awal, biasanya hanya ditandai dengan keluhan yang masih sangat ringan, seperti perut mual, kepala pusing, dan tidak ada nafsu makan.

Jika pada saatnya makan anda tidak ada nafsu makan atau malas makan, padahal dimeja makan sudah tersedia berbagai variasi menu yang begitu anda sukai, maka perlu anda waspada bahwa saat itu lambung anda sedang mulai tidak beres fungsinya.

Sakit maag pada awalnya memang disebabkan oleh sering makan tidak teratur, makan pedas dan asam atau makanan yang merangsang secara berlebihan. Akan tetapi penyebab utamanya karena STRESS.

Misal suka makan rujak yang pedasnya melebihi batas. Terus suka makan goreng-gorengan dengan nyeplus cabe rawit tanpa batas. Tempe goreng satu cabe rawitnya bisa menghabiskan 7. Nah loo…tanpa disadari akhirnya lama di kemudian hari lambungnya bermasalah.

Bukannya tak teratur makan lagi, bahkan saat makanpun sudah tiba dan menu kesenangan sudah didepan mata tak ada lagi selera, malas untuk makan. Jangan diteruskan kebiasaan malas makan, karena ini tanda-tanda yang sangat nyata bagi sakit maag. 

Untuk mengatasi maag yang masih gejala ini, untuk pengobatannya anda bisa melakukan dengan beberapa resep alami tradisional antara lain :

Resep Kunir Madu :

  • Ambil 2 rimpang kunir ( kunyit ) yang berwarna kuning. Jangan kunir yang induk cukup rimpangnya saja. Tak usah dikupas, cukup dicuci yang bersih saja, kalau perlu dibilas dengan air hangat dari termos. Kalau sudah diparut. Setelah itu ambil air sepertiga gelas tanggung, campurkan, lalu saring, ambil airnya saja, ampasnya dibuang.
  • Air kunir tadi beri 1 sendok makan madu murni, aduk hingga rata dan minum pagi sebelum makan, untuk mendasari lambung. Kunir adalah tanaman obat tradisional sejak turun temurun, yang mempunyai kandungan sebagai antibiotik alami untuk melawan kuman jahat yang ada didalam tubuh terutama disekitar saluran pencernaan, termasuk lambung dan usus.
  • Minum selama 7 hari berturut-turut. Insya Allah rasa tidak nyaman pada lambung Anda akan segera sembuh, dan selera makan anda akan pulih kembali seperti sebelumnya.

Resep Wedang Temulawak :

  • Tanaman temulawak ini mempunyai kandungan yang multi fungsi. Bisa sebagai antioksidan, anti biotik alami, maupun sumber energi yang sangat baik bagi tubuh.
  • Caranya : Ambil umbi temulawak yang besar 2 atau 3 umbi. Kupas dan cuci hingga bersih. Kemudian iris tipis-tipis selebar 1 atau setengah cm. Jemur pada panas matahari hingga jam 10 atau jam 11 siang, jangan lebih. Jemurlah hingga kering betul, agar jika disimpan tidak tumbuh jamurnya. Sebab jika tidak kering betul, maka jika disimpan beberapa hari saja akan keluar jamurnya yang tentu akan membahayakan kesehatan jika diminum.
  • Setelah itu, temulawak yang sudah kering tersebut tempatkan dalam plastik tebal, dan simpan dalam kulkas jika ada.
  • Jika hendak membuat wedang temulawak, caranya ambil beberapa potong temulawak kering tersebut ditaruh dalam gelas besar yang ada pegangannya, beri gula aren secukupnya, kalau tidak ada gula merah juga boleh, siram dengan air yang benar-benar baru saja mendidih. Tutup dan biarkan beberapa lama dalam gelas, biarkan agar sari-sari temulawak keluar dalam air mendidih yang disiramkan tadi.
  • Jika air dari wedang temulawak itu sudah berwarna pekat, aduk hingga sari temu lawaknya menyatu dengan gula arennya, tunggu hingga hangat kuku lalu diminum, ternyata sangat segar sekali.
  • Minuman ini, bisa diminum setiap sore, bisa diminum jangka panjang, tidak membahayakan bagi ginjal karena endapannya sangat ringan. Insya Allah dengan minum wedang temulawak selama 1 atau 2 minggu berturut-turut, kondisi mual, pusing atau tidak ada selera makan yang anda derita akan segera berakhir.
  • Bagi yang tidak mempunyai sakit maag, maka ramuan wedang temu lawak ini bisa ditambah dengan 1 rimpang jahe cuci bersih, dibakar hingga layu, bersihkan kulitnya, digepuk hingga pecah, maka jadikan satu dengan temulawak dan gula arennya, baru disiram dengan air mendidih.
  • Ini bisa untuk sumber stamina sehari hari, demikian sekaligus menghangatkan badan dimusim hujan seperti ini sehingga anda tidak mudah masuk angin dan mengurangi pegal linu dan kecapean.
  • Pada saat anda mengalami keluhan diatas, sepertinya belum begitu harus pantang makanan. Yang penting usahakan agar teratur makan dan juga agar selalu menjaga waktu istirahat, jangan terforsir dalam bekerja.

STADIUM MENENGAH

 
Lalu meningkat kepada keluhan yang lebih serius, sering muntah, jika telat makan perut sakit, keringat dingin keluar tiba-tiba, kepala sering pusing, perut sering kembung, perut rasa penuh, cepat lapar, dan sering mengalami rasa badan yang tidak karuan. 

Pada kondisi Stadium Menengah, maka anda harus mulai benar-benar memahami apa sebenarnya yang sedang terjadi pada diri anda. Pada kondisi ini, anda sudah benar-benar terkena sakit maag. Paling tidak anda sudah mengalami penipisan pada mukosa lambung, sehingga ketika lambung kosong tidak ada yang digiling maka lambung akan terasa sakit.

Dan jika kemudian anda makanpun, maka lambung juga akan terasa sakit. Lambung yang mengalami iritasi tadi, saat bekerja menggiling makanan, atau saat proses pencernaan sedang terjadi maka akan terasa sakit. 
 
Lalu soal orang yang sakit maag cepat lapar, mengapa ? Karena nutrisi dari makanan yang masuk tidak bisa diolah secara maksimal oleh lambung dan tidak bisa terserap sempurna oleh usus. 

Pada umumnya, orang yang sakit maag kronis bukan saja lambungnya yang mengalami iritasi dan peradangan, namun usus juga mengalami masalah.

Bagaimana ini bisa terjadi ? Penderita sakit maag kronis, karena rasa badan selalu tidak karuan, maka kebiasaan yang sangat sulit dihindari adalah sehabis makan lalu tiduran.

Kebiasaan ini bisa memicu tumpahnya asam lambung keluar dari area lambung kemana-mana. Ini yang disebut dengan GERD. Akibatnya jika luapan asam lambung ini memasuki area usus, maka ususpun ikut rentan. Karena organ diluar lambung termasuk usus tidak dilapisi oleh mukosa yang melindungi kerasnya asam lambung. Maka kinerja ususpun dalam menyerap nutrisi makanan juga tidak bisa maksimal. Hal inilah yang menyebabkan penderita sakit maag cepat menjadi lapar. Karena nutrisi yang terserap tidak mencukupi kebutuhan tubuh.

Jika sudah terjadi seperti ini maka metabolisme organ lambung sudah tidak beraturan alias kacau, sehingga seringkali secara tiba-tiba penderita sakit maag mengeluarkan keringat dingin, gemetar dan badan lemas seperti mau pingsan.

Macam-macam akibat yang ditimbulkannya kemudian. Kecuali badan mengalami ketidak nyamanan yang teramat sangat, kepala juga pusing luar biasa sepanjang waktu, maka keadaan yang dialaminya menjadi serba salah. Ini salah itu salah. Seringkali dokterpun terlihat bingung dalam menentukan hipotesanya, mau diberi obat apa kalau sudah seperti ini ?

Karena pada pengobatan medis untuk suatu keluhan selalu menimbulkan dampak keluhan baru pada organ yang lainnya. Misalnya saja obat maag akan berpengaruh pada ginjal. Atau seringnya konsumsi obat-obatan kimia dalam jangka panjang menjadikan telinga berkurang fungsinya, yang mohon maaf kadang-kadang menjadi benar-benar budeg atau tidak bisa mendengar. Seperti penulis dulu.

Ini penulis sampaikan bukan dari membaca, tapi dari pengalaman penulis sendiri dan berbagai keluhan yang disampaikan dari banyak penderita maag yang konsultasi kepada penulis.

Pada kondisi Stadium Menengah ini, anda sudah harus benar-benar ketat dalam menjalani pantangan maag dan disiplin tidak melanggar apa-apa yang tidak diperbolehkan oleh orang yang sakit maag.

Kecuali menghindari makanan pedas, asam, berminyak, lemak, merangsang serta makanan yang kasar, masih banyak hal-hal yang harus dihindari oleh orang sakit maag. 

Pada stadium ini sebaiknya anda menambahkan TEPUNG KERUT sebagai makanan jeda yang sekaligus bisa untuk mengobati lambung dan usus anda, juga jika anda mempunyai dana longgar anda bisa mengkonsumsi MADU YAMAN yang memang sangat efektif untuk membantu kesembuhan sakit apa saja. 

Hindari naik kendaraan apa saja kalau tidak perlu, untuk memulihkan luka yang ada pada lambung anda. Karena akibat goncangan naik kendaraan terutama sepeda motor, akan mengakibatkan luka lambung tidak sembuh-sembuh. Demikian juga angkat barang yang berat-berat sangat tidak mendukung kesembuhan lambung.

STADIUM LANJUT. 


Pada stadium ini keluhan yang terjadi adalah perut sakit sepanjang waktu selama 24 jam, dari ulu hati hingga ke dubur, karena usus juga sudah ikut bermasalah. Sering kembung, makan sakit tidak makan juga sakit. Kemasukan makanan apa saja sakit, termasuk makan bubur halus dari tepung beras. Minum air putih saja lambung terasa sakit. Pada kondisi ini penderita kadang muntah bercampur darah, dan BABpun sering bercampur dengan darah segar. Keluhan yang dirasakan benar-benar menyengsarakan.

Pada stadium ini, hendaknya anda benar-benar menjaga makanan anda. Hanya dibenarkan makan yang halus-halus dan tawar. Tawar artinya tidak mengandung segala macam bumbu yang sifatnya merangsang seperti merica, jahe, bumbu masak dan unsur kimia lain yang biasa untuk memasak makanan.

Penulis anjurkan makan bubur tepung beras. Tambahkan menu bubur TEPUNG KERUT sehari-hari.  Makanlah sayur dari bahan bayam cabut, wortel, kentang berkualitas bagus, macaroni yang dimasak hanya dengan sedikit garam dan gula, tanpa bumbu masak. Dan dimasak benar-benar hingga empuk ( ya memang dengan resiko kandungan gizinya berkurang banyak ).

Sebaiknya pada Stadium Lanjut ini anda beristirahat secara total ditempat tidur untuk menjalani perawatan pengobatan. Sedia pelflesh untuk penanggulangan jika anda sedang mengalami kejang perut.

Pada kondisi ini penderita maag sering mengalami kejang perut, yang sejatinya adalah kram usus. Akan segera mereda jika dikompres dengan air panas yang dimasukkan dalam pelflesh yang dibuat dari karet, atau kalau tidak bisa dimasukkan kedalam botol sirup, ditutup rapat, lalu mulut botol dirangkap dengan ditutup plastik yang diikat dengan karet gelang supaya air panas tidak merembes keluar dari botol.

Kemudian botol yang berisi air panas tadi harus dibungkus dengan kain yang tak begitu tebal agar panasnya tidak menyakiti kulit jika ditempelkan pada bagian perut yang sedang mengalami kejang atau keram.

Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut tentang liku-liku sakit maag dan penanggulangannya, baca Buku Panduan Sembuh Sakit Maag Kronis yang bisa anda PESAN DI SINI.

Pengobatan yang cukup efektif dari sakit maag dengan TERAPI AIR MENTAH pelajari DI SINI, dan TERAPI PRODUK TRANSFER FACTOR 4LIFE. 
 
Baca Testimoni tentang 4LIFE Disini
 
Demikianlah "Cara Mengatasi Keluhan Sakit Maag - Blog NiniekSS".
Semoga bermanfaat.
 
Terima kasih Anda telah berkunjung di blog ini. Apalagi Anda yang telah berkenan meng - "Klik" iklan adsense yang ada di blog ini. Alhamdulillah Anda telah memberi donasi kepada saya untuk keberlangsungan blog ini agar terus bisa senantiasa menyajikan artikel-artikel yang bermanfaat bagi Anda.

Alhamdulillahirrabil’alamiin.
 
Purworejo, Edisi Revisi, 19 Februari 2023,


Salam Penulis,
Sri Nurmi Atminarsih (NiniekSS)
Labels: TIPS

Thanks for reading CARA MENGATASI KELUHAN SAKIT MAAG - BLOG NINIEKSS . Please share...!

22 komentar on CARA MENGATASI KELUHAN SAKIT MAAG - BLOG NINIEKSS

  1. Terimakasih shohaby buat infonya..

    BalasHapus
  2. Halo semua kita akan menampilkan berita terbaru tentang kesehatan yang populer. Kami memberikan informasi terbaru yang datang dengan versi baru pada situs berita. Tips Manfaat dan Khasiat Web ini akan memberitahu da update berita terbaru dengan gaya yang berbeda dari AishaNews.com silahkan buka dan baca informasi tersebut. ini dia www.tipsmanfaatdankhasiat.blogspot.com

    BalasHapus
  3. blog yang sangat membantu...
    bagus gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mbak Gina semoga manfaat.

      Salam,

      Hapus
  4. ijin promosi mampir dong ke infobulanbintang.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Randy,

      Silahkan saja tapi saya tak ikutan politiknya lho ya ha ha..

      Salam,

      Hapus
  5. Balasan
    1. Pak Fauzi,

      Terima kasih kunjungannya di blog. Semoga manfaat pak.

      Salam,

      Hapus
  6. sangat bermanfaat sekali infonya terima kasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapsul KCD

      Assalamu'alaikum Wr.Wb.

      Terima kasih pula untuk kunjungannya di blog. Saya sudah kunjung balas ke blog Ustadz. Insya Allah saya minat untuk ikut mengenalkan produk - produk Ustadz yang saya amati sangat mendukung kesehatan secara umum, dan baik untuk maag. Tapi sebelum saya memperkenalkan kepada teman - teman maag, saya ingin mencoba konsumsi terlebih dahulu.

      Salam,

      Hapus
  7. tipsnya sangat informatif, bisa menjadi solusi alternatif.
    cara mengatasi penyakit maag

    BalasHapus
    Balasan
    1. satria

      Terima kasih atas kunjungannya di blog ini. Semoga ada manfaatnya. Maaf telat sekali balasnya. Banyak pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan.

      Salam,

      Hapus
  8. Alhamdulillah, terima kasih atas informasinya yang sangat lengkap, Mbak Niniek. Sepertinya saya termasuk stadium awal maag nya, izin untuk mencoba resep-resepnya ya mbak. Syukron. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sandra Nurdiansyah

      Waah maaf balasnya kedaluwarsa mbak Sandra, kelewat bacanya he he. Alhamdulillah jika artikel ini ada manfaatnya.

      Salam.

      Hapus
  9. Wah aku cukup sering juga terkena sakit maag. Terima kasih aku jadi tahu solusi sakit maag itu apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dian Safitri

      Maaf kadaluwarso balasnya mbak Dian, kelewat bacanya. Iya banyak banget yang kena sakit maag. Makanya kenali sejak dini dan hati-hati ya ?

      Salam,

      Hapus
  10. Tipsnya sangat bermanfaat mba, terlebih lagi memang dikeluarga saya rata-rata punya penyakit maag. Terimakasih akan saya coba :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizal Kurniawan

      Maaf kedaluwarsa balasnya. Kelewat bacanya mas. Semoga artikel ini bermanfaat ya ? Aamiin.

      Salam.

      Hapus
  11. waaah, terima kasih banyak infonya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demia KamiL

      Maaf baru balas mbak,terlewatkan. Terima kasih kembali yaa ?

      Salam,

      Hapus
  12. Terima kasih infonya, Ibu. Berguna sekali utk saya yg pnya sakit maag.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tria

      Maaf mbak Tria, baru balas, karena tak sempat. Terima kasih ya, atas kunjungannya di blog, dan atas apresiasinya. Semoga Mbak Tria selalu sehat wal'afiat. Aamiin.

      Salam.

      Hapus

Back To Top