BLOG NINIEK SS

0852 2840 1939 || 0877 3259 8747

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

MANFAAT DAUN SIRIH MERAH BAGIAN 2 - BLOG NINIEKSS

MANFAAT DAUN SIRIH MERAH BAGIAN 2 - BLOG NINIEKSS 


Oleh : Sri Nurmi Atminarsih (NiniekSS)

Bismillahirrahmanirrahiim...

Saya lanjutkan tentang Manfaat Daun Sirih Merah Bagian 2. Baca dulu ya Bagian 1-nya DISINI !

 

D. TUBERCULOSIS ATAU TBC

 
Tuberculosis atau TBC termasuk penyakit kronis dan menular melalui udara. Penyebab adalah bakteri Mycobacterium tuber culosa dan proses penyembuhannya memerlukan waktu yang relatif lama. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia. Gejalanya diawali dengan suhu badan yang tinggi disertai kejang-kejang dan berlanjut dengan menurunnya daya tahan tubuh. Keluhan yang dirasakan ditandai dengan badan mudah lelah, nafsu makan berkurang, berat badan cenderung menurun drastis, dan sering keluar keringat pada malam hari.

Seseorang yang kondisi tubuhnya lemah lebih rentan tertular penyakit ini dibandingkan dengan orang yang sehat. Pencegahannya bisa dilakukan dengan memberikan imunisasi pada bayi yang baru lahir dengan vaksin BCG dan Diulang pada usia 12 bulan. Pengobatan TBC dengan cara “setengah-setengah” atau tidak tuntas akan memperburuk keadaan penderita. Jika pengobatannya dilakukan secara rutin dan berkelanjutan, penderita TBC akan berangsur sembuh dalam waktu 8 bulan.

 

a.   Ramuan Sirih Merah secara Tunggal

Daun sirih merah yang sudah tua berukuran sedang sebanyak 6 lembar atau ukuran besar sebanyak 4-5 lembar. Daun sirih merah dicuci bersih dan dibilas hingga 3 kali, kemudian diiris kecil-kecil dan direbus dengan air 3 gelas (600 ml) sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Ramuan ini kemudian disaring dan diminum selagi hangat 3 kali sehari. Sekali minum sebanyak 0.5 gelas. Agar tidak terlalu pahit bisa ditambahkan madu 1 sendok teh atau perasan jeruk nipis.

b.   Ramuan Daun Sirih Merah dengan Tanaman Obat Lainnya

 
Daun sirih merah ukuran sedang sebanyak 3 lembar, adas 10 gram, kapulaga 5 gram, daun tapak kuda 20 gram, bunga rosella kering 10 gram, dan jinten hitam 3 gram. Semua bahan dicuci bersih, direbus dengan air 3 gelas (600 ml) sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas, lalu disaring. Ramuan diminum selagi hangat 3 kali sehari, sekali minum 0,5 gelas. Bisa ditambahkan 2 sendok teh madu murni dan perasan jeruk nipis.

E. ASAM URAT

Secara umum asam urat ditandai adanya gejala rasa nyeri pada persendian tangan atau kaki, terutama ibu jari kaki atau sendi lainnya pada malam hari atau menjelang pagi hari. Jika gejala ini tidak segera diatasi atau diobati, akan terjadi peningkatan yang lebih serius. Rasa nyeri sendi akan semakin terasa berdenyut. Ketidak lancaran peredaran darah karena kurang berolahraga bisa menjadi pemicu terjadinya asam urat tinggi. Demikian juga jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi, seperti jeroan (yakni limpa, hati paru, usus,dan babat) dan beberapa jenis sayuran (seperti bayam, bunga kol, daun singkong, serta daun dan buah melinjo).

Menghindari stres, banyak minum air putih (8-10 gelas perhari), memperbaiki gaya hidup dan pola makanan, serta olahraga secara teratur merupakan upaya pencegahan asam urat yang paling bijaksana.

a.   Ramuan Sirih Merah secara Tunggal

 
Daun sirih merah ukuran sedang sebanyak 7 lembar dan batangnya sepanjang 15 cm. Bahan dicuci bersih, diiris kecil-kecil, dan direbus dengan air sebanyak 4 gelas (800 ml) hingga tersisa 2 gelas. Ramuan ini disaring dan diminum selagi hangat 2 kali sehari. Sekali minum 0,5 gelas. Bisa ditambahkan 2 sendok teh madu murni dan perasan jeruk nipis. Sisanya bisa diminum pada hari berikutnya setelah dipanaskan terlebih dahulu.

b.   Ramuan Sirih Merah dengan Bahan Tanaman Obat Lainnya

 
Daun sirih merah 5 lembar, cengkih 30 gram dan jahe merah 20 gram. Semua bahan dicuci bersih dan direbus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai mendidh dan tersisa 1,5 gelas. Ramuan disaring dan diminum selagi hangat 3 kali sehari, sekali minum 0,5 gelas. Bisa ditambahkan 1 sendok teh madu murni dan 2 sendok teh air perasan jeruk nipis.

F. KANKER PAYUDARA DAN KANKER RAHIM 

Penyakit kanker termasuk penyakit yang sangat menakutkan karena sulit disembuhkan dan penyebabnya belum diketahui secara pasti. Jika salah satu dari organ tubuh terserang, sel kanker tumbuh dan berkembang biak, sehingga sel tubuh yang abnormal merusak atau menggrogoti sel-sel tubuh yang normal. Pertumbuhan sel yang abnormal di dalam tubuh yang kurang terkontrol sering disebut dengan kanker.

Pada kanker payudara, gejala awalnya sering ditandai dengan munculnya benjolan yang berkembang dan tidak terduga sebelumnya, serta terasa nyeri dan sakit yang terus-menerus. Sementara itu, kanker leher rahim pada wanita ditandai dengan adanya keluhan keputihan akut, berbau, dan disertai perdarahan pada vagina, terutama setelah berhubungan intim. Biasanya menstruasinya tidak normal dan keluar cairan dari liang rahim yang bercampur darah. Pencegahannya dapat dilakukan sedini mungkin dengan mewaspadai faktor-faktor yang dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit kanker ganas.

a.   Ramuan Sirih Merah secara Tungggal

 
Daun sirih merah ukuran besar sebanyak 6 lembar dan batangnya sepanjang 15 cm. Daun sirih merah dipilih yang bagian bawahnya berwarna merah merata dan segar. Daun dan batang sirih merah dicuci hingga bersih, direbus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa 2 gelas, kemudian disaring. Ramuan ini untuk 2 hari dan diminum selagi hangat 2 kali sehari, sekali minum 0,5 gelas. Bisa ditambahkan 2 sendok teh madu murni.

b.   Ramuan sirih Merah dengan Tanaman Obat Lainnya untuk Kanker Payudara

 
Daun sirih merah ukuran sedang sebanyak 5 lembar, daun komfrey 30 gram, dan umbi dewa 30 gram. Semua bahan dicuci sampai bersih dan direbus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas, lalu disaring. Ramuan diminum 3 kali sehari, sekali minum 0,5 gelas. Agar rasanya segar bisa ditambahkan madu murni secukupnya.

c.   Ramuan Sirih Merah dengan Tanaman Obat Lainnya untuk Kanker Rahim

 
Daun sirih merah ukuran sedang 6 lembar, daun sambung nyawa (ngokilo) 30 gram, dan temu putih 30 gram. Semua bahan dicuci bersih dan diiris kecil-kecil, kemudian direbus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa 2 gelas, lalu disaring. Ramuan ini diminum setelah dingin 2 kali sehari, sekali minum 0,5 gelas. Bisa ditambahkan 2 sendok teh madu murni dan perasan jeruk nipis.
 
Demikian tentang "Manfaat Daun Sirih Merah Bagian 2 - Blog NiniekSS". Semoga bermanfaat.
 
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog ini. Dan terima kasih pula kepada Anda yang telah berkenan meng - "Klik" iklan adsense yang ada di blog ini, sebagai donasi agar blog ini tetap terus bisa menyuguhkan artikel-artikel yang bermanfaat.
 
Semoga kebaikan Anda mendapat balasan yang luas dari Allah SWT. Aamiin. Alhamdulillahirabbil'alamiin.
 
Bersambung ke...SINI !
 
 
Purworejo, Edisi Revisi, 18 Februari 2023
 
 
Salam Penulis,
Sri Nurmi Atminarsih (NiniekSS)

Labels: TIPS

Thanks for reading MANFAAT DAUN SIRIH MERAH BAGIAN 2 - BLOG NINIEKSS . Please share...!

0 Komentar untuk "MANFAAT DAUN SIRIH MERAH BAGIAN 2 - BLOG NINIEKSS "

Back To Top