BLOG NINIEK SS

0852 2840 1939 || 0877 3259 8747

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

MANFAAT DAUN SIRIH MERAH BAGIAN 1- BLOG NINIEKSS

Manfaat-Daun-Sirih-Merah

MANFAAT DAUN SIRIH MERAH BAGIAN 1 - BLOG NINIEKSS


Oleh : Sri Nurmi Atminarsih (NiniekSS)

Bismillahirrahmanirrahiim...

Sahabat NiniekSS dimanapun Anda berada...

Pada kesempatan ini saya akan share tentang Manfaat Daun Sirih Merah. Ternyata daun sirih merah ini sangat banyak manfaatnya. Namun penggunaannya harus tepat, karena zatnya yang keras. 
 

A. DIABETES MELLITUS/KENCING MANIS

 
Seseorang terkena penyakit diabetes mellitus disebabkan beberapa faktor diantaranya; gaya hidup yang berlebihan; pola makan yang tidak terkontrol; tekanan psikis yang menyebabkan stress, kecemasan, dan depresi berat; mengonsumsi zat gula diluar batas yang dibutuhkan oleh tubuh; serta kurang olahraga. Jika kadar glukosa darah seseorang menunjukkan angka 160-190 mg/dl, orang tersebut telah menderita sakit diabetes mellitus tahap awal.

Gejala atau tanda-tanda diabetes mellitus yang perlu diwaspadai diantaranya badan terasa lemah, pegal-pegal, kesemutan di ujung jari tangan dan kaki, mengantuk yang berlebihan terutama 1 jam setelah makan, mata terasa kabur, kencing berlebihan, serta kadang-kadang disertai luka yang sulit sembuh.

Ramuan daun sirih merah untuk mengobati diabetes mellitus secara tunggal atau bisa pula dipadukan dengan tanaman obat lainnya.
 

a.    Ramuan Daun Sirih Merah secara Tunggal


Petik 3 lembar daun sirih merah setengah tua dari daun keenam atau ketujuh dari pucuk. Cuci bersih semua daun, kemudian iris kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak 3 gelas (600 ml) sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Minum air rebusan daun sirih merah ini sehari 3 kali sebelum makan, sekali minum 0,5 gelas.
 

b.    Ramuan Daun Sirih Merah Dengan Tanaman Obat Lainnya


3 lembar daun sirih merah ukuran sedang, 40 gram kulit kayu gayam yang sudah dibersihkan bagian luarnya, dan 30 gram kulit kayu jamblang kering. Ketiga bahan ini diseduh dengan 2 gelas (400 ml) air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Selanjutnya, ramuan disaring dan diminum 2 kali pada pagi dan sore hari sebelum makan, sekali minum 0,5 gelas.

B. JANTUNG KORONER

 
Penyakit jantung koroner umumnya disebabkan oleh faktor keturunan, kebiasaan merokok, kadar kolesterol yang terlalu tinggi, kegemukan, meningkatnya kadar gula darah, dan kurang berolahraga. Secara umum gejalanya berupa rasa nyeri yang mencekam, keringat dingin, badan terasa lemah, serta sesak napas yang kadang-kadang disertai rasa mual. Pencegahannnya bisa dilakukan dengan diet seimbang, olahraga teratur dan mengurangi berat badan. Selain itu, secara berkala mengontrol tekanan darah, kadar kolesterol dalam darah (LDL), kadar gula darah, dan menghentikan kebiasaan merokok.

a.    Ramuan Daun Sirih Merah secara Tunggal


Daun sirih merah berukuran sedang sebanyak 3-4 lembar atau ukuran kecil sebanyak 6-8 lembar. Daun sirih merah dicuci bersih, kemudian diiris kecil-kecil. Selanjutnya direbus dengan air sebanyak 4 gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa 2 gelas dan disaring. Ramuan ini diminum selagi masih hangat 2 kali sehari sebelum makan, sekali minum 1 gelas.
 

b.    Ramuan Daun Sirih Merah dengan Tanaman Obat Lainnya


Daun sirih merah ukuran sedang 3-4 lembar, daun asam 30 gram, belimbing sayur 2 buah, umbi dewa kering 3 gram, dan daun ginseng 4 lembar. Semua bahan dicuci bersih dan diiris kecil-kecil, lalu direbus dengan 3 gelas air (600 ml) hingga tersisa 1,5 gelas. Ramuan ini diminum 3 kali sehari selagi masih hangat dan bisa ditambahkan 1 sendok teh madu. Sekali minum 0,5 gelas.

C. RADANG PROSTAT 

Gangguan pada prostat sering diderita kaum laki-laki berusia lebih dari 45 tahun. Keluhan yang dirasakan adalah rasa nyeri berat pada kandung kemih dan sering buang air kecil. Hal ini disebabkan di organ prostat terjadi pembesaran akibat perubahan keseimbangan hormon. Kondisi ini bisa mengganggu proses metabolisme tubuh dan memicu terjadinya pembesaran prostat yang menyebabkan rasa sakit pada saat buang air kecil. Pada kasus tertentu, pembesaran prostat bisa pula disebabkan oleh kanker prostat yang membuat organ prostat semakin membesar dan mempersempit saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa nyeri yang hebat dan kadang-kadang disertai perdarahan.

a.    Ramuan Daun Sirih Merah secara Tunggal


Daun sirih merah yang masih muda (daun bagian pucuk) sebanyak 6 lembar. Daun sirih merah dicuci bersih, diiris kecil-kecil, kemudian direbus dengan 2 gelas air (400 ml) sampai mendidih tersisa 1 gelas. Ramuan disaring dan diminum setelah dingin (bisa ditambah madu murni sebanyak 2 sendok teh) 2 kali sehari, sekali minum 1 gelas.
 

b.    Ramuan Daun Sirih Merah dengan Tanaman Obat Lainnya


Daun sirih merah setengah tua sebanyak 4 lembar, umbi dewa kering 5 gram, dan daun takila yang masih muda sebanyak 3 gram. Semua bahan dicuci bersih dan direbus dengan air 2,5 gelas (500 ml) sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Selanjutnya disaring dan diminum setelah dingin 3 kali sehari. Sekali minum 0,5 gelas.
 
Demikian tentang "Manfaat Daun Sirih Bagian 1 - Blog NiniekSS" Semoga bermanfaat.
 
Terima ksih atas kunjungan Anda diBlog ini. Juga terima kasih yaa...kepada Anda yang telah berkenan meng - "Klik" iklan adsense di blog ini, sebagai donasi demi kelangsungan blog ini agar tetap bisa menyuguhkan artikel-artikel yang bermanfaat.
 
Semoga kebaikan Anda, mendapat balasan yang luas dari Allah SWT. Aamiin Yaa Robbal'alamiin. Alhamdulillahirabbil'alamiin...
 
Bersambung ke...SINI !
 
Purworejo, Edisi Revisi, 18 Februari 2023.
 
Salam Penulis,
Dri Nurmi Atminarsih (NiniekSS)

Labels: TIPS

Thanks for reading MANFAAT DAUN SIRIH MERAH BAGIAN 1- BLOG NINIEKSS. Please share...!

0 Komentar untuk "MANFAAT DAUN SIRIH MERAH BAGIAN 1- BLOG NINIEKSS"

Back To Top