BLOG NINIEK SS

0852 2840 1939 || 0877 3259 8747

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

KANDUNGAN KIMIAWI MADU

KANDUNGAN KIMIAWI MADU


Bismillahirrahmanirrahiim...

Sahabat NiniekSS Yang Dimanapun Anda berada...

Mengapa Allah Swt. sampai memuliakan madu didalam Al-Qur’an ? Tentu ada rahasia besar yang sangat bermanfaat bagi manusia, apabila manusia itu mau berpikir.

Melihat dari sudut kehidupan lebah itu sendiri, mencerminkan banyak pelajaran kesucian, kerjasama yang jelas, tegas dalam pemberlakuan hukum, pembagian kerjasama yang baik, pelajaran bahwa yang baik selalu akan menghasilkan hasil akhir yang baik, gudang penyimpanan hasil pekerjaan yang sangat canggih, selalu menghasilkan kebaikan dan kemanfaatan bagi diri sendiri, kelompoknya bahkan bagi manusia. Ketaatan kepada pemimpin yang tidak dzalim dan masih banyak pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi manusia jika diterapkan dalam kehidupan.

Dan dari seluruh pembelajaran yang ada pada kehidupan madu adalah tentang kesucian kehidupan yang akan mendatangkan keberkahan dalam hidup, serta kemanfaatan bagi banyak orang.

Berkaitan dengan kemanfaatan madu, ada baiknya kita menelaah, tentang apa saja sih kandungan yang terdapat didalam madu ? Antara lain inilah !

Kandungan didalam madu :

 

Madu mengandung air, glukosa, fruktosa, sukrosa, asam amino (pembentuk protein), asam lemak yang membantu proses penyerapan vitamin di dalam usus, dan beberapa zat mineral seperti kalsium, fosfor, potassium, sodium, zat besi, mangan, dan tembaga.

Sebagaimana diketahui bahwa bahan mineral kalsium dan fosfor dapat membantu pada proses pembentukan dan penguatan tulang dan gigi.

Sedangkan potassium, sodium, dan kalsium, dapat membantu kinerja sel-sel syaraf dan otot.
Adapun zat besi memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan hemoglobin dalam darah yang jika seseorang kekurangan zat tersebut akan menyebabkan yang bersangkutan menderita penyakit kurang darah.

Madu juga mengandung banyak vitamin. Seperti misalnya vitamin C dan konsentrat vitamin B. Zat-zat vitamin ini sangat penting untuk membantu tubuh dalam proses produksi protein, hormon, dan pembentukan selaput bagian dalam dari sel darah serta untuk melindungi diri kita dari berbagai jenis penyakit, seperti yang terkandung di dalam vitamin B1 dan B2.

Madu juga mengandung beberapa zat asam organik dan berbagai jenis enzim, khususnya enzim invertase yang dapat membantu proses pengolahan sukrosa untuk diubah menjadi glukosa dan fruktosa yang keduanya mudah diserap dan dicerna.

Begitu pula enzim amilase dan enzim lipase (enzim lemak) dan ditambah lagi dengan minyak yang mudah menguap, yang terpenting adalah hidroksi metil furfural. Madu juga mengandung dekstrosa (gula yang ditemukan dalam tumbuhan), lilin, gen pembiakan, dan asam formik.

Bagaimanapun bentuk atau rupa madu yang kita temukan, sebenarnya semua madu memiliki kandungan sebagai berikut :

1. Glukosa

a.    Kandungan zat ini mencapai 75% dan zat gula adalah zat yang dapat memungkinkan dinding sel pembuluh darah untuk mengalirkannya ke darah. Sebaliknya, jika terdapat berbagal sisa zat gula-khususnya gula putih (gula pasir) atau yang dikenal luas dengan nama gula tebu-yang menuntut organ pencernaan untuk melakukan pekerjaan yang bermacam- macam, sehingga dapat mengubahnya menjadi zat gula sederhana berstruktur tunggal seperti glukosa yang dapat diserap oleh darah melalui dinding pembuluh darah.

b.    Sesungguhnya zat gula (glukosa) yang terdapat di dalam kandungan madu, di samping akan dengan mudah diserap, ia juga menjadi lebih mudah disimpan. Penyebabnya adalah karena zat ini akan dapat langsung diserap oleh jantung yang akan mengubahnya menjadi glukogen yang dapat disimpan untuk dipergunakan pada saat la dibutuhkan. Jika ada ke- butuhan mendesak untuk menggunakan zat ini, maka ia akan mengubah diri menjadi bentuk aslinya yaitu glukosa yang mengalir bersama darah untuk digunakan sebagai sumber energi yang digunakan oleh otot untuk bergerak.

c.    Perlu diperhatikan bahwa kandungan kalori di dalam madu sangatlah tinggi, hal ini disebabkan kandungan glukosanya yang tinggi. Terbukti bahwa untuk setiap 1 kilogram madu dapat mensuplai 3.150 kalori.

2. Beberapa zat asam organik yang jumlahnya mencapai 80%.

3. Protein dalam kuantitas kecil.

4. Zat ragi (enzim).


Dalam jumlah yang tidak berlebihan yang sangat penting untuk menggerakkan proses metabolisme di dalam tubuh, pengolahan zat gizi. Kita dapat pula memperjelas betapa penting- nya berbagai jenis enzim (zat ragi) yang terkandung di dalam madu ini jika kita mengetahui fungsi dari masing-masing zat tersebut sebagai berikut:

a. Enzim amilase, yaitu zat yang bertugas mengubah kanji di dalam roti dan berbagai bahan berbahan baku kanji menjadi glukosa.

b. Enzim invertase, yaitu zat yang bertugas mengubah gula putih (gula tebu) menjadi zat gula dengan struktur tunggal (glukosa dan fruktosa) yang dapat diserap tubuh.

c. Enzim katalase dan peroxidase, yang penting bagi kinerja oksida dan pemulihan kondisi tubuh.

d. Enzim lipase, yang memiliki tugas khusus untuk mencerna lemak dan bahan-bahan berlemak lainnya.

5. Bahan-bahan mineral dengan persentase 18,0%.

Meskipun jumlah persentasenya kecil, namun ia memiliki peran penting. Karena madu dapat menjadi makanan yang memiliki kemampuan alkalik untuk menghancurkan asam. la juga sangat penting dalam proses penyembuhan penyakit-penyakit yang menyerang organ pencernaan yang disebabkan adanya kelebihan kandungan asam dan peradangan.

a. Di antara zat-zat mineral yang terkandung di dalam madu adalah : potassium, sulfur, kalsium, sodium, fosfor, magnesium, zat besi, dan mangan, yang kesemuanya adalah unsur- unsur mineral yang sangat penting dalam proses pembentukan jaringan tubuh manusia.

b. Sejumlah kecil vitamin juga memiliki tugas fisiologis yang penting.

6. Bijih renik yang menempel dan minyak yang mudah menguap memberi aroma dan rasa yang khas pada madu.

7. Zat-zat pewarna (pigmen) yang memberi warna yang indah bagi madu.

Demikian
“Kandungan Kimiawi Madu” semoga bermanfaat. Dengan selalu mengkonsumsi madu yang murni setiap hari, semoga kita semua selalu diberkahi dengan kesehatan, kebahagiaan dan kesejahteraan serta selalu diberkahi dengan perlindungan Allah SWT. Aamiin Yaa Robbal’alaamiin...


Purworejo, 19 Mei 2023

Salam Sehat Dengan Minum Madu,
NiniekSS.

Sumber tulisan : Buku
“Terapi Madu” tulisan Prof. dr. Sa’id Hamad

Labels: TERAPI MADU

Thanks for reading KANDUNGAN KIMIAWI MADU . Please share...!

0 Komentar untuk "KANDUNGAN KIMIAWI MADU "

Back To Top