BLOG NINIEK SS

0852 2840 1939 || 0877 3259 8747

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

SIFAT-SIFAT MADU YANG BAIK DAN MENGETAHUI TEHNIK PEMALSUANNYA

SIFAT-SIFAT MADU YANG BAIK DAN MENGETAHUI TEHNIK PEMALSUANNYA


Bismillahirrahmanirrahiim...

Sahabat NiniekSS Yang Dirahmati Allah Swt...

Kita semua perlu mengetahui sifat-sifat madu yang baik dan mengetahui tehnik pemalsuannya, agar tidak mudah mengklaim tentang suatu madu. Apakah madu itu benar benar madu yang murni atau apakah madu itu sebenarnya madu yang sudah tidak murni lagi, alias sudah dioplos dengan campuran lain yang merugikan bagi yang mengkonsumsinya.

Madu berbeda jenisnya sesuai dengan perubahan musim, perbedaan jenis tumbuh-tumbuhan yang cairan bunganya menjadi makanan lebah, dan sesuai dengan jenis lebah. Tanaman yang paling disukai lebah antara lain: pohon semanggi, zaitun, sidr (sejenis lotus), akasia, pohon-pohon berbuah masam (jeruk, lemon, dan jeruk keprok), pohon mint, dan pohon mulberi.

Madu yang terbaik kualitasnya adalah madu musim semi, setelah itu madu musim panas. Sedangkan madu yang kualitasnya paling buruk adalah madu musim dingin.

Di Saudi Arabia, madu memiliki beberapa nama. Diantaranya seperti madu sidr, madu thalh (akasia), majra, dan syaukah. Madu biasanya dijual dalam keadaan jernih (sudah disaring) atau dalam keadaan masih bersama sarang lebahnya (belum diperas). Jarang sekali madu yang dijual dalam keadaan sudah diperas tidak dicampur dengan glukosa yang memiliki harga jual hanya setengah dari harga gula. 

Madu juga dapat dipalsukan dengan mencampurkan tepung yang sudah dipanggang, dan pemalsuan itu dapat diketahui dengan menggunakan alkohol, dimana madu palsu tidak dapat tenggelam di dalam larutan alkohol.

Madu juga dapat dipalsukan dengan mencampurkan tepung yang tidak dipanggang seperti dengan menggunakan tepung kanji yang akan menyebabkan madu tidak dapat mencair ketika dipanaskan dan tidak dapat larut di dalam air dingin. Madu yang sudah dipalsukan juga akan mengeluarkan warna biru jika kita memberinya larutan yodium, sehingga kita dapat mengetahui bahwa ia telah dipalsukan.

Madu juga dapat dipalsukan dengan mencampurkan sukrosa, kembang gula, dan gula tebu. Atau dengan mencampurkan cairan manis yang diambil dari pohon mapel (sejenis pohon perindang) yang diperjualbelikan di dalam kemasan untuk digunakan sebagal campuran alternatif dalam pembuatan kue pan cake (sejenis serabi). 

Madu telah tersebar ke mana-mana, sehingga menjadi sangat sulit bagi kita untuk membedakan mana madu yang asli dan mana madu yang palsu, karena pemalsuan madu adalah salah satu teknik pemalsuan yang paling mudah dilakukan. Masalah pemalsuan ini sebenarnya sepenuhnya berkaitan langsung dengan masalah kepercayaan. Walaupun sebenarnya ada beberapa tips dan cara yang dapat kita pergunakan untuk mengetahui mana madu yang asli dan mana madu yang palsu. 

Berikut beberapa di antaranya ciri-cirinya :

 

1. Madu yang masih asli memiliki aroma yang sangat kuat dan menusuk hidung, sampai-sampai seolah aroma itu merasuk ke dalam kepala orang yang menciumnya.

2. Rasa dari madu yang masih asli akan melekat selama beberapa saat di tenggorokan Anda disebabkan karena begitu pekatnya madu yang Anda coba.

3. Madu yang masih asli memiliki kadar kekentalan yang sangat tinggi. Jika Anda mencoba mengambil madu asli dengan spatula lalu Anda angkat di atas bejananya kemudian Anda kembalikan lagi, maka madu tersebut akan tampak kekentalannya, sehingga ia tidak dapat putus ketika Anda menciduknya.

4. Madu yang masih asli tidak memiliki dampak apa pun terhadap para penderita penyakit kencing manis (diabetes).

5. Madu yang masih asli jika Anda letakkan di dalam lemari es tidak akan membeku. Kondisinya tetap kental, sebagaimana aroma warnanya juga tidak berubah.

6. Madu yang masih asli tidak bereaksi ketika dipanaskan dengan cara mengalirkannya ke dalam bejana.

7. Madu yang masih asli jika Anda tuang ke tanah tidak akan tercampur dengan debu tanah, sedangkan madu yang sudah dipalsukan akan melekat dengan tanah.

8. Madu yang masih asli tidak mengkristal.

9. Madu yang masih asli tidak larut di dalam air dingin.

Dan masih ada beberapa cara lain yang telah umum diketahui oleh orang banyak.

Beberapa Peringatan bagi Para Konsumen

1. Melihat semakin banyaknya toko-toko yang menjual madu. Ada beberapa orang yang curang dengan menggunakan metode penjaminan (garansi) yang memakan biaya besar, sehingga dapat membuat harga madu menjadi semakin tinggi. Seperti harga 1 kilogram madu yang dapat mencapai Rp 2.000.000. Dan para penjual ini mengeksploitasi sisi emosional para pembeli dengan menegaskan kepada para konsumen untuk meyakini bahwa mahalnya harga madu berarti kualitasnya baik. Padahal madu jenis ini biasanya berkualitas rendah dan manfaatnya sedikit. Bahkan telah dianalisa bahwa madu jenis ini biasanya berkualitas buruk sehingga lebih baik untuk Anda hindari.

2. Ada beberapa laboratorium yang melakukan pengujian terhadap madu dan mengeluarkan surat keterangan. Sebagian dari laboratorium-laboratorium tersebut ada yang menjual madu campuran bersama beberapa macam obat umum dengan menempelkan surat keterangan lolos uji pada setiap kemasan, termasuk pada kemasan produk-produk yang sebenarnya belum diuji. Berhatilah-hatilah, karena produk seperti ini dapat membahayakan hidup Anda.

Demikian
“Sifat-Sifat Madu Yang Baik dan Mengetahui Tehnik Pemalsuannya” semoga bermanfaat. Dengan selalu mengkonsumsi madu yang murni setiap hari, semoga kita semua selalu diberkahi dengan kesehatan, kebahagiaan dan kesejahteraan serta selalu diberkahi dengan perlindungan Allah SWT. Aamiin Yaa Robbal’alaamiin...

Purworejo, 18 Mei 2023

Salam Sehat Dengan Minum Madu,
NiniekSS.

Sumber tulisan : Buku “Terapi Madu”
tulisan Prof. dr. Sa’id Hamad

Labels: TERAPI MADU

Thanks for reading SIFAT-SIFAT MADU YANG BAIK DAN MENGETAHUI TEHNIK PEMALSUANNYA. Please share...!

0 Komentar untuk "SIFAT-SIFAT MADU YANG BAIK DAN MENGETAHUI TEHNIK PEMALSUANNYA"

Back To Top